Senin, 08 Agustus 2016

Test Formatif KB2

1. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi daring asinkron?

Komunikasi daring asinkron (tak serempak) Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. 

2.Apakah yang dimaksud dengan CC, BCC, Subject, dan Spam.
*BCC : sama kayak CC tapi para penerima tidak tau siapa saja yang menerima tembusan surat
*CC: singkatan dari "carbon copy." Siapa pun yang terdaftar dalam kolom CC: pesan, akan menerima salinan pesan itu apabila Anda mengirimkannya. Semua penerima lain dari pesan itu dapat melihat nama orang yang Anda tentukan sebagai penerima
*Subject : dalam artian dapat menjadi sebuah judul/tema pada sebuah email yang akan dikirim.
*Spam : merupakan folder/pesan yang tidak penting .
3.Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman e-mail
hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman email
Ø Gunakanlah bahasa yang sopan serta sesuai. Seperti halnya saat Anda akan mengirimkan surat ke penerima pesan Anda.
Ø Tidak menggunakan huruf besar dalam pengiriman pesan. Dalam dunia elektronik, penulisan kalimat dengan huruf kapital berarti sama dengan berteriak.
Ø Tidak menggunakan font yang beragam. Gunakanlah font standart, dengan ukuran yang standart. Kecuali benar-benar diperlukan.
Ø Spesifik dalam penulisan subyek. Gunakanlah subyek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email Anda.
Ø Memperhatikan CC dan BCC email Anda. Sangatlah tidak dianjurkan untuk men-cc orang yang tidak ada hubungannya dalam konteks email.
Ø Segera menanggapi pesan yang diterima. Balaslah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
Ø Tidak memforward pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.
4.Bandingkan tujuan penggunaan, serta kelebihan dan kekurangan e-mail dan forum.
Tujuan penggunaan :
- e mail : sebagai alat komunikasi juga jalur maya distribusi ( penyampaian ) pesan kepada alamat yang dituju ( baik pribadi maupun korporasi ).feedbacknya pun dengan alamat tujuan antara pengirim dan penerima surat elektronik tersebut.

- forum : sebagai alat komunikasi dengan berbagai materi yang ada didalamnya yang tujuannya untuk penyampaian pesan, yang ditujukan kepada pengguna / pendaftar pada forum tersebut, bisa juga kepada khalayak ramai, dan diharapkan ada feedback ( timbal balik ), baik dalam pesan, maupun ketertarikan akan penggunaan suatu barang / jasa.

kelebihan :
- email dan forum bisa disebut sebagai jalur maya distribusi ( jika dilihat dari sudut pandang ekonomi ).
- mempermudah kita dalam menginginkan, mengirim / menyebarkan dan memperoleh informasi beserta feedbacknya.
- alat / media pemasaran produk yang dijual.
- alat/ media untuk mencari uang.

kerugian :
- banyak hoax ( berita palsu) jadi harus pandai memilih mana forum dengan tujuan baik dan yang tidak.
- banyak akun palsu beserta kontennya, jadi harus bisa membedakan dengan jeli.
- tidak semua bisa mengoperasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar